Home / Berita Satuan / Anggota Koramil 04/LB Laksanakan Goro Bersama Masyarakat Nagari Lubuk Jantan

Anggota Koramil 04/LB Laksanakan Goro Bersama Masyarakat Nagari Lubuk Jantan

Kodam I/BB | Lintau Buo/U – Goro Terpadu Bangun Jalan Usaha Tani, 2 orang Anggota Koramil 04/LB dan Pemuda serta masyarakat sebanyak 127 orang, laksanakan kegitan gotong royong pengecoran jalan usaha tani sepanjang 200 meter, bertempat di jorong Melati, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Senin (09/08/2021).

Dandim 0307/TD Letkol Inf Wisyudha Utama di wakili Plh Danramil 04/LB Pelda Hendrik Gaba dalam sambutannya menjelaskan, bahwa
Jalan Usaha Tani tersebut, bagian dari Jorong Melati Nagari Lubuk Jantan merupakan daerah sentra produksi pertanian tanaman pangan, khusus nya padi.
Permasalahan yang dialami petani saat ini di Jorong Melati itu, akses jalan dan irigasi, dalam berusaha tani inprastrutur merupakan hal penting dan sangat dibutuhkan petani yang sangat mendesak, karena itu Koramil dan Pemuda serta masayarakat sepakat gelar goro bersama untuk membantu petani, sehingga hamparan sawahnya seluas 175 ha produktif maksimal. Bangun jalan usaha tani di Jorong Melati saling bahu-membahu.

Peningkatan saluran irigasi baru baru ini, terang Pelda Hendrik Gaba, ada sosialisasinya dari Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar dan Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Barat. Sosialisasi itu, adalah terkait dengan program Desaint Irigation System (DIS). “Kita berharap program itu berjalan lancar.
Peningkatan jalan dengan kontruksi pengecoran di jalan usaha tani Jorong Melati ini, juga sudah di usulkan melalui e-Proposal melalui PPL WKPP Nagari Lubuk Jantan terang Plh Danramil.

Wali Nagari Lubuk Jantan Muklis Rajo Itam mengatakan, Kami warga masyarakat Nagari Lubuk Jantan berkomitmen membantu kegiatan sosial kemasyarakatan. “Kami bersama-sama bahu membahu dengan TNI bekerja guna mengejar kemajuan di Kecamatan Lintau Buo Utara Jelas Muklis Rajo Itam.

Wali Nagari juga menjelaskan, bahwa perencanaan pembangunan Nagari Lubuk Jantan sudah ada dalam RPJM, hal itu akan dikomunikasikan dengan berbagai pihak.
Kata Muklis, mulai dari dana pokir Anggota DPRD, dana perantau dan dana sumbangan dari Perantau, jelas Muklis.

Turut mengayunkan cangkul mendorong gerobak dalam goro pengecoran jalan usaha tani tersebut, Plh Danramil 04/LB Pelda Hendrik Gaba serta dua orang anggota, Wali Nagari Lubuk Jantan dan jajaran serta 127 orang masyarakat Nagari Lubuk Jantan.

Check Also

Meski Dengan Alat Sederhana, Satgas TMMD Kodim 0207/Simalungun Semangat Pindahkan Material Sasaran Fisik

Pematang SIantar | Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Kodim 0207/Simalungun harus melewati perjuangan …