PATAH TUMBUH HILANG BERGANTI

kabar kodam i-bb

DANREM 031/WB BUKA GELADI POSKO I KODIM 0303/BKLS

Oleh : || Tanggal : 30 August 2012

Danrem 031/WB Brigjen TNI Teguh Rahardjo, Selasa 28 Agustus 2012 bertempat di Makodim 0303/Bkls membuka secara resmi latihan Geladi Posko I “WIRABIMA TANGGAP XXII”  Kodim 0303/Bkls.
Danrem 031/WB Brigjen TNI Teguh Rahardjo, Selasa 28 Agustus 2012 bertempat di Makodim 0303/Bkls membuka secara resmi latihan Geladi Posko I “WIRABIMA TANGGAP XXII” Kodim 0303/Bkls.

Danrem 031/WB Brigjen TNI Teguh Rahardjo, Selasa 28 Agustus 2012 bertempat di Makodim 0303/Bkls membuka secara resmi latihan Geladi Posko I “WIRABIMA TANGGAP XXII”  Kodim 0303/Bkls.

Dalam amanatnya Danrem menyampaikan, Untuk menyiapkan satuan jajaran Korem 031/Wirabima agar memiliki kesiapan operasional dalam rangka melaksanakan tugas pokok baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP), upaya yang dilakukan diantaranya dengan melaksanakan pembinaan latihan. Pembinaan latihan diwujudkan dalam bentuk latihan yang direncanakan, disiapkan, dilaksanakan, diawasi, dikendalikan dan dievaluasi.

Sehingga latihan tersebut dapat mencapai tujuan dan sasaran latihan yang ditetapkan dengan berbagai macam metode latihan yang diterapkan. Geladi Posko I merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih para Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan olah yudha, Kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos Komando. Latihan ini diharapkan dapat menjadi wahana peningkatan pengetahuan dan keterampilan Komandan dan Staf Kodim dalam  merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan suatu operasi khususnya implementasi dari  Undang-Undang RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 12 yaitu dalam rangka membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, yang terjadi di daerah, agar dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun harta benda.

Selanjutnya Danrem 031/WB menyampaikan, Perlu kita sadari bahwa keberadaan aparat komando kewilayahan dituntut untuk berperan aktif  khususnya dalam mendekteksi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkembang di wilayah. Dengan demikian maka seluruh satuan di wilayah jajaran Korem 031/Wirabima dituntut mempunyai kemampuan dan kecepatan bertindak yang handal dalam membantu menanggulangi setiap kejadian, baik itu yang berupa bencana alam, teroris ataupun masalah keamanan yang terjadi di wilayah khususnya di Provinsi Riau dan umumnya di wilayah Indonesia.

Dengan latihan Geladi Posko I ini, diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas Komandan dan Staf Kodim dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja terutama pada penyelenggaraan operasi perbantuan kepada Pemerintah Daerah dalam mengatasi berbagai permasalahan diantaranya bencana alam berupa banjir. Pada latihan ini, dimulai dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan operasi, diberikan serangkaian keadaan dan kejadian yang sambung menyambung yang diperumpamakan, sehingga apabila terjadi bencana yang sebenarnya, keseluruhan prosedur sudah dapat  dipahami dan dilaksanakan dengan benar dan optimal.

Sebelum mengakhiri amanat nya Danrem 031/WB memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain:

Pertama, laksanakan latihan Geladi Posko I ini dengan sungguh-sungguh, baik sebagai penyelengara maupun sebagai pelaku, sehingga tujuan dan sasaran latihan yang telah digariskan dapat  tercapai secara optimal.

Kedua, pahami dan aplikasikan dengan benar ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Bujuk tentang latihan selama melaksanakan latihan ini.

Ketiga, pahami esensi latihan Geladi Posko I ini, sebagai bekal dalam melaksanakan tugas.

Keempat, laksanakan pencatatan latihan dengan benar sebagai bahan evaluasi latihan.

Kelima, Bagi pelaku agar menyiapkan suatu konsep rencana operasi (RO), agar dapat dijadikan sebagai perintah operasi (PO) yang benar-benar dapat dipedomani, diaplikasikan dan dilaksanakan oleh satuan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana banjir di wilayah Kodim 0303/Bengkalis.

PANGDAM I/BUKIT BARISAN

Mayjen TNI Istu Hari S, S.E., M.M.

PENCARIAN:

arsip berita terbaru

polling kodam i - bb

Bagaimana Tampilan Baru Website Kodam I-BB ?
  • Bagus Sekali
  • Bagus
  • Sedang

arsip kodam i-bb

arsip kategori kodam i-bb

tags/kategori kodam i-bb


  • WEB KODAM I BB

  • WEB TNI

  • WEB TNI-AD

  • WEB TNI-AU

  • WEB TNI-AL

  • WEB DEPHAN

  • TOBA GO GREEN

  • KOREM 022PANTAI TIMUR

  • KOREM 023

  • KOREM 031WIRA BIMA

  • KOREM 032 WIRABRAJA

  • KOREM 033